Dasar Komputer Forensik

Kuis

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan komputer forensik ?
Jawab :
Komputer forensik yang juga dikenal dengan nama digital forensik adalah salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang ditemui pada komputer dan media penyimpanan digital. Tujuan dari komputer forensik adalah untuk menjabarkan keadaan kini dari suatu artefak digital. Istilah artefak digital bisa mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (seperti flash disk, hard disk, atau CD-ROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah pesan email atau gambar JPEG), atau bahkan sederetan paket yang berpindah dalam jaringan komputer.

2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan kejahatan komputer ?
Jawab :
Kejahatan Komputer adalah perbuatan melawan hukum yang ditimbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal sebagai sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Beberapa jenis kejahatan komputer meliputi Denial of Services (melumpuhkan layanan sebuah sistem komputer), penyebaran virus, spamcarding (pencurian melalui internet) dan lain-lain. Kejahatan yang berhubungan erat dengan penggunaan teknologi yang berbasis utama komputer dan jaringan telekomunikasi ini dalam beberapa literatur dan prakteknya dikelompokkan dalam beberapa bentuk, antara lain:
1.    Illegal Access / Akses Tanpa Ijin ke Sistem Komputer
2.    Illegal Contents / Konten Tidak Sah
3.    Data Forgery / Pemalsuan Data
4.    Spionase Cyber / Mata-mata
5.    Data Theft / Mencuri Data
6.    Misuse of devices / Menyalahgunakan Peralatan Komputer.

3.      Mengapa kejahatan komputer perlu ditangani, jelaskan ?
Jawab:
Kejahatan komputer perlu ditangani karena :
·      meningkatnya pengguna komputer dan internet.
·      Banyaknya software yang digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin ada disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain.
·      Banyaknya software-software untuk melakukan probe dan penyusupan yang tersedia di Internet dan bisa di download secara gratis.
·      Meningkatnya kemampuan pengguna komputer dan internet
·      Desentralisasi server sehingga lebih banyak system yang harus ditangani, sementara SDM terbatas.
·      Kurangnya hukum yang mengatur kejahatan komputer.
·      Semakin banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke Internet.
·      Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet.
·      Banyaknya software yang mempunyai kelemahan (bugs).

4.      Jelaskan apa saja yang perlu di perhatikan dalam menerapkan komputer forensik ?
Jawab :
Yang perlu di perhatikan dalam menerapkan komputer forensik yaitu :
1.      Menemukan dan mengidentifikasi adanya penyimpangan atau penyalahgunaan sarana IT yang tidak sesuai dengan Tupoksi-nya.
2.      Menemukan dan mengidentifikasi bukti-bukti hukum untuk kemudian digunakan dalam persidangan.
3.      Me-recover dan menemukan kembali data-data yang hilang akibat kesengajaan maupun ketidaksengajaan user. Misalnya : salah memformat Hard Disk.
4.      Sebagai salah satu pendukung kegiatan counter surveillance. Yaitu untuk mengetahui hardware dan software yang digunakan oleh lawan untuk melakukan spionase.

5.      Jelaskan mengapa dalam memecahkan kejahatan komputer harus seorang detektif ?
Jawab :
Untuk dapat menjadi seorang Ahli Forensik/ detektif yang baik, syaratnya :
·      Memiliki Dasar Ilmu yang Kuat
Kalian tahu, Ahli Forensik bukanlah bidang yang dapat dengan mudah kalian kuasai hanya dengan bermodal mimpi saja. Pendidikan sangatlah penting, Jika Anda memilih untuk bekerja di bidang ilmu forensik, mulailah dengan mendapatkan gelar sarjana atau universitas, dan menguasai 3 bidang ilmu utama dalam Forensik, yaitu ilmu patologi forensik, ilmu forensik klinik, dan ilmu laboratorium forensik.
·      Dapat Menyajikan Informasi Dengan Jelas Dan Akurat Tiap Ahli Forensik juga perlu memiliki keterampilan yang kuat berbicara di depan umum. Ini termasuk yang mampu menyajikan istilah ilmiah yang dapat dimengerti oleh setiap orang, dan dalam cara penegakan hukum, hakim, dan juri dengan mudah mengerti. Untuk mempersiapkan ini, Anda dapat mempertimbangkan mengambil kursus pidato atau kelas public speaking.
·      Mempunyai Ketelitian Terhadap Detail Ahli Forensik harus sangat memperhatikan setiap detail sekecil apapun itu. Keterampilan ini memungkinkan mereka untuk hati-hati memeriksa dan menganalisa bukti. Hal ini juga membantu mereka dalam membuat catatan lengkap dan akurat untuk digunakan dalam mengembangkan kesimpulan dan menghasilkan laporan yang berguna untuk diteruskan oleh para penyelidik atau detektif dalam menentukan deduksi mereka.
·      Mempunyai Rasa Ingin Tahu yang Tinggi
Ahli Forensik yang ingin sukses harus memiliki rasa ingin tahu tingkat tinggi. Bagaimana, Mengapa dan Kapan adalah pertanyaan seorang Ahli Forensik yang perlu ditanamkan di dalam kepala setiap hari, dalam setiap kasus atau analisa apapun. Ketertarikan dalam belajar dan mengembangkan cara-cara baru dan lebih baik untuk mengumpulkan bukti adalah sifat dasar setiap calon Ahli Forensik yang harus dimiliki, tak terkecuali




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputer Forensik

100 RANGKAIAN SEDERHANA ELEKTRONIKA