Komputer Forensik




1.    Jelaskan mengapa seorang ahli computer forensik sangat dibutuhkan ?
Jawab :
Seorang ahli computer Forensik memiliki kriteria yang tidak dimiliki oleh orang lain sehingga sangat dibutuhkan seorang ahli computer forensic dalam penyelesaian hukum, kriteria yang dimaksudkan sebagai berikut : 
·         Penguasaan bagaimana modifikasi bias dilakukan pada data
·         Berpikiran terbuka dan mampu berpandangan jauh
·         Etika yang tinggi
·         Selalu belajar
·         Selalu mempergunakan data dalam mengambil kesimpulan

2.    Hal apa saja yang dikerjakan seorang ahli komputer forensik ?
Jawab :
·         Jaksa Penuntut : menggunakan barang bukti komputer dalam kejahatan, seperti obat bius, pornografi anak, pembunuhan, dan penggelapan keuangan
·         Detektif swasta bisa mempergunakan rekaman pada sistem komputer untuk melacak kasus penggelapan, perceraian, diskriminasi dan pelecehan.
·         Perusahaan asuransi bisa mengurangi biaya dengan bukti komputer yang menyatakan kemungkinan penggelapan pada insiden, kebakaran, atau kompensasi pekerja

3.    Hal apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli komputer forensik?
Jawab :
Dasar-dasar yang diperlukan seorang ahli computer forensic :
·         Dasar-dasar hardware dan pemahaman bagaimana umumnya sistem operasi bekerja
·         Bagaimana partisi drive, hidden partition, dan di mana tabel partisi bias ditemukan pada sistem operasi yang berbeda
·         Bagaimana umumnya master boot record tersebut dan bagaimana drive geometry
·         Pemahaman untuk hide, delete, recover file dan directory bisa mempercepat pemahaman pada bagaimana tool forensik dan sistem operasi yang berbeda bekerja.
·         Familiar dengan header dan ekstension file yang bisa jadi berkaitan dengan file tertentu

4.    Seorang ahli komputer forensik memiliki keahlian recover data, jelaskan ?
Jawab :
Seorang ahli Komputer Forensik harus mampu memiliki sebuah kemampuan mencover data yang telah terhapus sebisa mungkin untuk menelusuri kejahatan yang mungkin terdapat dalam file tersebut sehingga memang perlu adanya kemampuan tersendiri untuk seorang ahli forensic yaitu melakukan recovery data.

5.    Jelaskan, mengapa seorang ahli computer foerensik harus memiliki keahlian dibidang hukum dan prosedur legal ?
Jawab :
Digital forensik bisa dimanfaatkan untuk ruang lingkup yang lebih luas. Tak hanya untuk ‘membedah’ isi komputer dan ponsel, namun juga untuk melacak lalu lintas rekening bank seperti di kasus Bank Century.
Pakar digital forensik, Ruby Alamsyah menjelaskan, digital forensik adalah menganalisa barang bukti digital secara ilmiah dan bisa dipertanggung jawabkan di depan hukum. “Nah, digital forensik ini juga tak melulu membahas soal cyber crime (kejahatan di internet). Kasus Century juga bisa diperiksa dengan digital forensik,” tukasnya. Sebab, lanjut Ruby, pemeriksaan bisa dilacak dari rekaman elektronik transfer dana di bank bermasalah tersebut. “Karena saat ini pembukuan di bank tak lagi manual,” tukasnya. Kemampuan lain dari digital forensik juga bisa ‘membedah’ kasus Intelectual Property seperti pembajakan cakram digital bajakan serta tindak penculikan dan perampokan dengan memanfaatkan rekaman CCTV. Jadi tak hanya komputer yang bisa ‘dibedah’. Maka dari itu, istilah digital forensik sempat diubah dari sebelumnya menggunakan sebutan komputer forensik. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar Komputer Forensik

100 RANGKAIAN SEDERHANA ELEKTRONIKA